Ketahui Jenis Sablon Serta Desain Baju Bola Terbaik Untuk Seragam Bola

Membuat kaos bola tidaklah semudah membuat kaos pada umumnya karena perlu memperhatikan bahan, sablon hingga perawatannya.  Kaos bola dikenal juga dengan istilah jersey dimana kaos biasanya digunakan sebagai seragam sebuah tim. Karena digunakan untuk olahraga, maka diperlukan bahan dan sablon yang kuat, serta desain baju bola terbaik.

Bentuk dan desain jersey pada umumnya sama dan tidak ada perbedaan signifikan, namun yang bisa membedakan satu jersey dengan yang lainnya adalah desainnya. Oleh karena itu, dalam membuat kaos bola, pastikan untuk memilih desain baju bola terbaik serta yang unik.

Jenis Sablon Terbaik untuk Kaos Olahraga

Kaos bola yang bagus adalah kaos yang bisa menyerap keringat dengan baik serta dapat memberikan ruang untuk kulit bernafas. Beberapa bahan terbaik yang bisa digunakan untuk kaos olahraga adalah drifit, serena, lotto dan kain wafer. Selain dapat menyerap keringat, bahan-bahan tersebut memiliki tekstur yang halus, ringan serta dingin jika digunakan.

Namun, selain bahan yang bagus dibutuhkan pula sablon yang bagus agar desain tidak mudah rusak. Perlu diingat juga bahwa kaos bola akan digunakan untuk olahraga, di mana akan terjadi banyak pergerakan dan terkena air. Sehingga agar desain kaos tidak mudah rusak, maka gunakanlah jenis sablon berikut agar sablon kuat dan tidak mudah patah.

  • Sablon Polyflex

Salah satu sablon terbaik untuk kaos bola adalah sablon polyflex. Sablon ini memiliki tekstur yang elastis dan lembut sehingga akan mengikuti bentuk baju. Hal ini membuat sablon tidak mudah pecah maupun rusak meskipun sudah digunakan untuk olahraga. Karena kelebihan inilah, sablon polyflex paling sering digunakan oleh klub-klub besar di Indonesia bahkan dunia.

Namun, agar sablon bisa bertahan lama, maka jangan memeras baju ataupun menggunakan air panas ketika mencucinya. Selanjutnya, ketika menyetrika kaos, gunakan alas pada bagian bawah setrika agar tidak terkena langsung pada sablon.

  • Sablon Rubber
READ  Mengenal Berbagai Jenis Screen Sablon

Jika ingin sablon yang lebih murah namun juga memiliki kualitas bagus maka sablon rubber bisa menjadi alternatif. Jenis sablon ini dilakukan secara manual dengan screen sablon mengaplikasikan material rubber pasta pada kaos. Meskipun tampak manual, namun sablon ini cukup kuat dan tidak mudah meskipun dilipat maupun digunakan untuk olahraga.

  • Sablon Press

Sablon press merupakan jenis sablon lain yang sangat cocok untuk kaos bola. Karena sablon ini awet dan tidak mudah lepas dari kaos meskipun dicuci maupun disetrika berkali-kali. Sablon hanya akan rusak jika kaos yang digunakan juga rusak.

Desain Baju Bola Terbaik Untuk Seragam

Selain bahan serta jenis sablon yang bagus, baju bola dapat dikatakan bagus ketika desainnya juga menarik. Oleh karena itu, ketika ingin mendesain baju bola, pastikan untuk memilih desain yang menarik serta elegan untuk digunakan. Berikut ini adalah beberapa desain baju bola terbaik yang bisa diaplikasikan untuk seragam bola:

1. Hitam / Biru Dongker Polos

Mari mulai dengan desain baju bola terbaik dengan konsep yang simpel. Untuk mendapatkan desain kaos yang simpel namun tetap elegan, maka gunakan bahan paragon. Bahan paragon memiliki tekstur halus dan mengkilap, sehingga tanpa banyak desain, kaos bola bisa tetap tampak menarik. Pilihlah warna seperti hitam atau biru dongker agar kaosnya dapat terlihat lebih mengkilap.

2. Desain Jersey Pink-Hitam

Salah satu warna yang masih jarang digunakan untuk warna bikin kaos jersey futsal printing adalah warna pink. Oleh karena itu, buatlah jersey bola dengan mengkombinasikan warna pink dengan hitam agar tidak terlihat terlalu feminim. Gunakan warna pink untuk kaosnya, sedangkan warna hitam untuk celananya. Atau kombinasikan kedua warna tersebut untuk kaosnya dimana warna pinknya lebih mendominasi.

3. Gradasi Warna Biru-Kuning

Jika ingin desain yang lebih menarik lagi, maka desainlah kaos bola dengan metode gradasi. Gunakan warna biru muda sebagai dasar warna kaos dan warna kuning sebagai warna lainnya. Lalu kombinasikan kedua warna tersebut untuk mendapatkan warna baru yang mirip dengan hijau. Tambahkan juga sedikit warna kuning pada bagian Pundak kanan dan kiri untuk membuat kaos tampak lebih berwarna.

READ  Ingin Memiliki Sweater Yang Nyaman Kenali Dulu Bahan Sweater Yang Bagus dan Tebal

4. Desain Segitiga Kuning – Hitam

Salah satu desain baju bola terbaik adalah dengan membuat pola kecil dalam desain baju. Polanya tidak perlu besar atau ada pada seluruh bagian baju, karena hal ini bisa membuat baju tampak penuh. Salah satu desain yang bisa diterapkan adalah dengan memberi desain segitiga yang Bersatu pada bagian kiri dada depan kaos. Buatlah pola segitiga dengan ukuran yang sama namun dengan pola yang tidak beraturan

Untuk dasar kaos, gunakanlah warna hitam yang mengkilat. Selanjutnya, untuk warna segitiganya, gunakan kombinasi warna antara kuning-emas-coklat. Jadi warnanya tidak terlalu mencolok namun berbeda dengan warna kuning pada umumnya.

Jadi, itulah beberapa desain baju bola terbaik yang bisa dibuat untuk kebutuhan seragam atau kebutuhan pribadi. Dalam mendesain baju bola, pastikan untuk memperhatikan bahan serta sablon yang digunakan. Karena jika tidak memilih yang terbaik, maka desainnya akan rusak dan menjadi percuma.